Monday 25 October 2010

COMPACT DISK INTERAKTIF WAYANG KULIT PURWA GAGRAK SURAKARTA

Saya menampik keras ketika buku RUPA & KARAKTER WAYANG PURWA akan diterbitkan dalam pecahan 10 jilid, justru oleh sebuah penerbit raksasa.
Telah begitu panjang rentang waktu dan derita buku-buku kajian wayang yang selalu dipinggirkan oleh gelegar industri penerbitan. Eeeeehh kurang ajar benar, berani-beraninya atas nama 'pertimbangan komersial', buku kami dikemas 'incrith-incrith; menjadi buku yang tak punya karisma. Sementara buku kumpulan resep Mbok Bubrah atau buku ' Mengesex gaya Mak Embrot' dijilid dengan hard cover, perfect binding, laminating doft dengan spot UV vernish pada huruf 'Mengesex dan Mak Embrot' nya. Pokoknya very-very luxurious, super karismatik.


Saya menghubungi dua sahabat saya ketika sebuah penerbit yang berselera dan penuh cita-cita berminat menerbitkan buku ini apa adanya. Satu sarjana wayang STSI Surakarta secara sah dan meyakinkan, kini menjabat sebagai Ketua Pusat Data Wayang Indonesia, Sumari. Yang kedua dosen Institut Kesenian Jakarta jebolan Sastra Jawa UI, Undung Wiyono
Saya jual mobil yang biasa saya pakai sehari-hari. Sekarang, Mak Embrot mana atau Mbok Bubrah mana yang berani melecehkan saya?


CD INTERAKTIF


Sebagai desainer produksi dan sutradara film veteran, saya makin menggelinjang. Dukungan data dari Senawangi/PDWI yang semlohay, kosa kata yang 'nyemek-nyemek', membuat saya makin brutal. Keinginan menerbitkan buku dalam satu paket lebih dari 1000 halaman saja menurut saya tidak cukup. Selain gambar garis (Art line) ratusan tokoh wayang, kami punya ribuan foto berwarna yang asli kami potret dari kolektor wayang kelas satu Ki Kondang Sutrisno.
Sungguh sebuah penghargaan kepada Kakilangit Kencana, anak perusahaan Prenada Grup yang memberi keleluasaan estetik dan juga sokongan financial ketika nafas saya sudah sebatas leher. Kami bersepakat, buku di cetak hitam putih agar lebih 'babar', lebih terjangkau masyarakat luas. Foto-foto berwarna diseleksi ketat, diberi narasi dan kemudahan multi media sebagai bonus pembaca buku RUPA& KARAKTER WAYANG PURWA.


CD ini sangat mudah dioperasikan. Dilayar tersaji pilihan KAYON/GUNUNGAN untuk masuk kedalam pilihan bermacam-macam bentuk kayon atau gunungan, hewan, barisan dll. 


Menu utama juga menyajikan TOKOH WAYANG. Secara alfabetis, rupa dan karakter ratusan tokoh dimulai dari huruf A (Abimanyu, Arjuna, Anggada dst). Di edisi selanjutnya, insyaallah akan dilengkapi juga dengan fasilitas audi sehingga semua pihak dapat menikmti dengan sempurna.


Termasuk juga tingkat resolusi gambar berwarna akan ditingkatkan, agar semua detailtatahan maupun sunggingan wayag dapat ditampilkan secara optimum.
Menu utama sebelah kanan memberikan kemudahan untuk dapat melihat satu persatu silsilah-silsilah penting dari kadewatan, keluarga pada epik Ramayana maupun mahabharata

Tentu saja semangat menggebu tidak cukup, banyak gambar garis yang belum semurna. CD inipun belum sepenuhnya interaktif.
Beberapa teman seperjuangan; Pak Edy,Pandoyo TB, Mawan Sugiyanto, Danang Haryadi Utomo, Gita lazuardi masih terus menemani dengan disiplin keilmuan masing-masing, terima kasih.





Perjalanan sepuluh tahun lebih, telah menghabiskan energi, emosi yang tak alang kepalang. Jika Tuhan mengijinkan kami diberi 'kewarasan' dan tetap mengawal buku ini, kami setiap hari menggambar dan memotret untuk perbaikan, ilustrasi pendukung narasi dan tokoh-tokoh baru yang hanya ada dalam narasi para dalang.

5 comments:

  1. selamat pak!, ini yang saya tunggu.. meskipun saya bukan jawa asli, tapi wayang adalah kesenian yang paling saya gemari. ditunggu yang gagrag ngayogyakarta pak. salut! andre sinung - lampung

    ReplyDelete
  2. Pengen beli...
    Apa masih ada ya...?
    :(

    ReplyDelete
  3. Waduh Mas, di mana saya bisa beli buku ini? Di Gra***ia tidak ada.. Mohon bantuannya Mas..

    ReplyDelete
  4. <3 crek crek crek ....edian mantabtenan kitabwayange...saluthormat mas heru dkk <3

    ReplyDelete
  5. Kulonuwun, Bagaimana cara membelinya, dimana dan berapa harganya?

    ReplyDelete